Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Cara Mengakali Menaruh Rak di Kamar Sempit

Kamar tidur merupakan ruangan yang fungsinya sebagai tempat beristirahat. Kamar tidur sebisa mungkin didesain senyaman mungkin bagi penghuninya. Dari segi kenyamanan, tentu harus memiliki penampakan yang enak dipandang dengan beberapa perabotan yang mendukung. Salah satu perabotan yang tidak boleh terlewat dalam melengkapi kamar tidur adalah rak untuk kamar. Akan tetapi, dalam banyaknya kasus sering terjadi keluhan tidak bisa memiliki rak karena kamar sempit. Maka, simak beberapa cara dibawah ini untuk mengakali menaruh rak di kamar sempit.

kamar sempit

Macam-macam Rak Kamar 

Rak Bertingkat

Desain dari rak bertingkat biasanya ada yang menyerupai anak tangga. Rak ini cocok digunakan untuk menyimpan beberapa hiasan kamar seperti vas bunga dan dekorasi menarik lainnya. Rak jenis ini biasanya tidak menempel langsung pada dinding. 

Rak Kamar Tidur Kombinasi

Ada beberapa tipe orang seperti tidak suka memiliki banyak rak di beberapa sudut, maka rak kombinasi ini akan menjadi pilihan yang cocok bagi Anda yang termasuk ke dalam tipe tersebut. Rak kombinasi ini bisa terdiri dari rak bertingkat, tempat untuk menggantung pakaian, hingga rak untuk menggantung topi dan pernak pernik. Sehingga, rak ini tidak akan memakan banyak tempat bagi Anda yang memiliki kamar sempit karena hanya akan fokus pada satu sudut untuk menempatkan rak tersebut. 

Rak Dinding

Bagi beberapa orang, belum memiliki rak dinding pada kamar terasa belum lengkap. Penggunaan dari rak dinding ini dapat dimanfaatkan untuk menyimpan hiasan kecil serta tanaman hijau supaya kamar terlihat lebih segar. Tidak hanya untuk itu, rak dinding juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan beberapa buku dengan menempatkan rak tersebut di atas meja kerja atau meja belajar. Dengan begitu, akan memudahkan untuk mengambil buku untuk beberapa keperluan belajar dan kerja. Selain itu, penggunaan rak dinding ini tentu tidak akan memakan banyak tempat karena pengaplikasiannya hanya pada dinding, sehingga sangat cocok untuk dimiliki oleh penghuni yang mempunyai kamar sempit.

Jenis Rak Dinding

Umumnya yang beredar di pasaran rak dinding memiliki 2 jenis yang antara lain adalah rak ambalan atau floating shelf yang berbentuk sebuah rak yang menempel pada dinding seperti melayang. Jenis yang lainnya adalah hanging cabinet yang seperti namanya berbentuk kabinet yang lebih masif dan terkadang tidak berpintu seperti rak buku.

Desain Rak Dinding untuk Kamar Sempit

Model Siku Rak Besi Penyangga

Desain rak dinding dengan ben muncul pertama kali dengan menggunakan siku rak. Siku rak semakin lama semakin berkembang, ada yang muncul dalam bentuk minimalis berupa besi pipih yang polos, besi seperti pipa, bahkan ada yang memiliki ukiran yang menarik.

Model Gantungan Pasak Kait

Rak dinding dengan pasak kait adalah rak dinding yang multifungsi dengan modelnya yang minimalis namun terlihat modern walaupun ada yang berbahan kayu. Di bagian atas rak bisa digunakan sebagai tempat memajang aksesoris sedangkan bawah rak terdapat pasak kait yang dapat digunakan untuk menggantung beberapa barang seperti baju, handuk, tas, topi bahkan kunci. 

Model Laci Kabinet

Model rak dinding ini juga multifungsi yang di bagian atas dapat digunakan untuk aneka pajangan kecil dan aksesoris yang menarik sedangkan pada laci kabinetnya dapat dipakai untuk menyimpan barang yang bersifat pribadi. Untuk jumlah laci kabinet pada rak ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Model Ambalan

Rak dinding jenis ini memiliki kesan melayang karena memang rak ini tanpa menggunakan siku ataupun paku. Karena rak ini memiliki penyangga yang terletak di dalam sehingga relatif lebih aman jika ditempatkan di kamar anak. Umumnya, rak ambalan merupakan kayu panel yang mempunyai rongga pada bagian dalam yang di mana terdapat tempat untuk meletakkan penyangga yang disekrup ke dinding. 

Posting Komentar untuk "Begini Cara Mengakali Menaruh Rak di Kamar Sempit"