Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Ventilasi Rumah Penting, Ini Dia Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ventilasi rumah adalah salah satu bagian biasanya dipasang di bagian atas jendela atau pintu yang keberadaannya sangat penting untuk setiap rumah. Karena ciri rumah yang sehat adalah rumah yang sirkulasi udaranya baik. Sirkulasi udara ini tujuannya adalah menciptakan udara bersih yang rendah polusi untuk menjaga kelembaban dan suhu yang nyaman bagi penghuninya.

ventilasi rumah

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memasang Ventilasi Rumah

Sebelum memasang ventilasi rumah, tentu tidak bisa asal-asalan. Perlu sekali untuk memperhatikan beberapa hal, antara lainnya:

Perhatikan arah pergerakan udara

Perhatikan volume dan kualitas udara dari luar yang dapat masuk melalui ventilasi

Udara dari luar harus bisa masuk ke setiap ruangan, menggantikan polusi udara yang ada di rumah

Manfaat Ventilasi Rumah

Umumnya, fungsi ventilasi adalah sebagai jalan keluar dan masuknya udara di dalam rumah. Dari fungsi tersebut, ada beberapa manfaat ventilasi rumah yang jarang banyak orang tahu. 

Pengontrol Polutan

Material yang ada di dalam udara sangatlah bermacam-macam dan tentu tidak ada yang tahu apakah itu baik atau buruk bagi diri kita. Maka, ventilasi yang memiliki peranan untuk mengontrol polutan akan membuat kualitas udara di rumah menjadi lebih baik dan tidak perlu khawatir lagi untuk memikirkan apakah udara yang kita hirup minim polutan atau tidak.

Penyaring Debu

Ventilasi rumah berperan dalam menyaring debu, serbuk sari, dan jenis iritan lainnya yang terkandung di dalam udara. Tanpa adanya ventilasi akan membuat udara yang mengandung material tersebut tidak tersaring dengan baik.

Menghangatkan Ruangan

Selain berperan dalam proses sirkulasi udara, ventilasi rumah juga bisa menghangatkan ruangan. Hal ini karena lubang yang terdapat di ventilasi bisa menjadi jalur untuk cahaya matahari masuk yang membuat ruangan menjadi hangat dan lebih nyaman. 

Membuat Rumah Tidak Terasa Lembab

Sirkulasi udara juga berfungsi sebagai penjaga kelembaban. Adanya ventilasi, tentu sirkulasi udara rumah yang akan menjaga kelembaban dengan baik akan menciptakan hawa rumah terjaga dari rumah yang terasa lembab, sehingga penghuni terhindar dari jamur-jamur dan bakteri berbahaya.

Mengurangi Efek Gas Radon

Gas Radon adalah gas radioaktif yang tidak memiliki warna dan bau. Terbentuk dari peluruhan uranium yang terjadi secara alami di semua batuan dan tanah. Gas ini ketika terhirup oleh seseorang akan menempel pada saluran paru-paru yang akan menyebabkan kanker paru-paru. Dengan adanya ventilasi maka gas radon akan terminimalisir.

Beberbagai Polusi Udara di Rumah yang Beresiko

Banyak yang tidak sadar bahwa dari rumah pun bisa menghasilkan polusi udara. Banyak yang berpikir bahwa polusi itu datangnya dari luar karena adanya asap kendaraan dan sebagainya. Untuk benar-benar paham akan peran penting ventilasi rumah, berikut polusi-polusi udara beresiko yang berasal dari rumah.

Kompor

Salah satu peralatan rumah tangga ini ternyata ketika dinyalakan akan mengeluarkan salah satu gas yang cukup berbahaya apabila dihirup terus-terusan oleh manusia. Gas itu adalah nitrogen dioksida, yang akan mengakibatkan sesak napas yang diikuti dengan mengi.

Cairan Pembersih

Jika cairan pembersih yang digunakan mengandung zat yang berbahaya, ini akan mengotori udara di dalam rumah. Rumah bersih, tapi tidak dengan kualitas udaranya. Karena ada beberapa pembersih yang mengandung amonia, klorin, dan VOCs yang akan menguap ke udara sebagai gas.

Penghuni yang Merokok

Jika salah satu anggota keluarga ada yang merokok, memasang ventilasi rumah adalah pilihan yang sangat tepat. Karena ketika tidak ada ventilasi, asap rokok akan terjebak di dalam suatu ruangan di rumah akan beresiko menyebabkan sakit tenggorokan dan kepala. Karena sisa racun dalam asap rokok bisa menempel pada beberapa benda yang ada di rumah dalam waktu yang cukup lama.


Posting Komentar untuk "Alasan Ventilasi Rumah Penting, Ini Dia Manfaatnya Bagi Kesehatan"